Sabtu, 24 September 2011

UKM Gerabah Online Yogykarta

Kurangnya pemahaman peran strategis yang dapat dimainkan oleh TI terkait dengan pendekatan baru pemasaran, berinteraksi dengan konsumen, dan bahkan pengembangan produk dan layanan diduga sebagai sebab rendahnya adopsi TI oleh UKM di Yogyakarta. Berdasar survei yang dilakukan terhadap UKM di Yogyakarta, alasan UKM yang belum menggunakan komputer adalah karena tidak merasa butuh (82,2%), dukungan finansial yang terbatas (41,1%), dan karena tidak memiliki keahlian untuk menggunakan (4,1%).

Dari UKM yang telah mempunyai komputer, belum banyak yang menggunakannya untuk aktivitas strategis dan berorientasi eksternal. Sebagian besar UKM di Indonesia berada pada tingkat belum menggunakan Internet. Hal ini didukung oleh data bahwa sebanyak 68,9% UKM menggunakan komputer hanya untuk mengetik surat atau laporan, 66,67% untuk melakukan perhitungan, 34,5% untuk mengakses Internet, 43,7% untuk mendesain produk, 28,7% untuk menjalankan sistem informasi, dan 20,7% untuk melakukan presentasi.

Contoh nyata dan manfaat nyata penerapan teknologi informasi sudah dirasakan dan dinimkati para pengrajin gerabah di wilayah Kasongan Bantul Yogyakarta yang sekarng terkenal sebagai pusat kerjainan gerabah terbesar dan terlengkap. Para pengrajin dan pengusaha gerabah ini masing-masing sudah memeliki alamat blogspot atau ada juga beberapa yang sudah memaksimalkan bentuk pemasaran produk kerajinan mereka lewat blogspot menjadi website sehingga lebih memaksimalkan dalam pengolahan content yang ada. Alhasil dari kesadaran meraka yang sudah menerapkan teknologi informasi omset mereka menjadi berkali-kali lipat dari sebelumnya.

Keputusan menggunakan Pemanfaatan teknologi informasi juga diipilih pengrajin gerabah kasongan Bpk. Yudhi yang bersama istrinya, rizma, mengembangkan Toko Gerbah online. Yudhi mengaku, omzet usahanya terus berkembang hingga mencapai puluhan juta rupiah per bulan. Dan, hal itu antara lain juga dipengaruhi oleh adanya situs web pemasaran on line produk-produk gerabah tersebut. Tentu saja pembukaan situs web itu harus diimbangi dengan penataan tampilan dan terus memperbarui produk dan tampilannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar