Sabtu, 24 September 2011

Darah Di Internet

saya pernah melihat sebuah iklan di televisi bahwa internet bisa menyelamatkan nyawa orang saya menjadi penasaran dengan apa yang dimaksud dengan internet bisa menyelamatkan nyawa orang? nyawa seseorang tentunya tidak lepas dari darah.

World Health Organization (WHO) menetapkan jumlah persediaan darah yang ideal di suatu negara adalah minimal 2 persen dari jumlah penduduk. Indonesia sebagai negara berkembang dan mempunyai jumlah penduduk hampir mencapai sekitar 240 juta, idealnya harus bisa mempunyai stok darah sebanyak 4,5 juta sampai 4,8 juta kantong darah.

Hingga akhir tahun 2010, Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai organisasi yang melakukan pelayanan darah, sesuai dengan UU No. 18 Tahun 1980, masih melakukan upaya mencapai standar yang ditetapkan oleh WHO.

Namun, ketersedian darah di PMI terkadang mengalami keterbatasan. Blood For Life (BFL) adalah sebuah organisasi yang didedikasikan bagi siapa saja yang peduli pada sesama, dan bersedia menyumbangkan darahnya untuk membantu sahabat-sahabat yang membutuhkan. BFL terbentuk di akhir bulan Maret, beberapa saat sebelum Peristiwa Bencana Situ Gintung melanda Jakarta, oleh sekelompok anak negeri, yang diprakarsai oleh Silly. BFL ini berupa mailing list, yang ketika terbentuk pertama kali, terdiri dari 44 email accounts, yang merepresentasikan 44 anggota.

Mereka yang bergabung di BFL ini, secara sadar dan sukarela, bersedia untuk dihubungi oleh siapapun yang membutuhkan bantuan darah, jika kebutuhan darahnya sudah tidak dapat dipenuhi oleh PMI. Gerakan ini bersifat sosial, bukan atas nama yayasan ataupun organisasi apapun dan tidak melibatkan biaya apapun disini. Murni non-profit movement!

BFL sangat mudah diakses melalui jejaring sosial maupun akun e-mail anda. Siapapun yang ingin bergabung, caranya hanya dengan mengirimkan email kosong ke alamat blood-for-life@googlegroups.com atau bisa juga mengirimkan email ke sillystupidlife@gmail.com, maka dijamin anda akan segera dipastikan menjadi member dari gerakan ini. Kalau bisa, akan lebih nyaman untuk anda jika alamat yang diberikan adalah alamat gmail account.

Sumber : bloodforlife

Tidak ada komentar:

Posting Komentar