Sabtu, 24 September 2011

Menjalin Bantuan Lewat Jalin Merapi


Kejadian meletusnya gunung merapi di Jogjakarta pada 27 oktober 2011 pukul 17.02 W.I.B, masih terekam jelas diingatan kita. Ratusan orang tewas da ribuan warga menjadi korban, termasuk mbah Maridjan yang kita kenal sosoknya sebagai juru kunci merapun ikut tewas dalam kejadian tersebut akibat terkepung awan panas dirumahnya. Awan panas 'wedhus gembel' yan tiba-tiba datang dan meluncur deras dari puncak gunung, telah meluluhlantakkan lereng di bawahnya, termasuk Dusun Kinahrejo, Umbulharjo, Cangkringan -->

Proses pengevakuasian korban tewas maupun korban selamat tentunya akan sangat sulit dilaksanakan jika tidak adanya informasi dan komunikasi yang baik, untuk itu ada sebuah jaringan yang mengorganisir segala bentuk informasi mengenai keadaan merapi yaitu JALIN MERAPI.

Jaringan Informasi Lingkar Merapi (JALIN MERAPI) berupaya menyajikan data dan informasi yang akurat mengenai perkembangan Gunung Merapi dan masyarakatnya. Informasi JALIN MERAPI berasal langsung dari lapangan dan digali langsung dari dan oleh masyarakat setempat bersama jaringan relawan. Jaringan ini telah terbangun sejak tahun 2006, yang digagas bersama oleh tiga radio komunitas di Klaten (Lintas Merapi FM), Boyolali (MMC FM), dan Magelang (K FM), bersama beberapa lembaga swadaya masyarakat yang menaruh perhatian pada isu informasi dan komunikasi di lingkar Merapi. JALIN MERAPI memperkuat dirinya dengan terlibatnya lebih banyak pihak yang bekerja bersama dalam jaringan dan dukungan pemanfaatan teknologi informasi yang lebih tepat guna.

Pemanfaat media dilakukan oleh JALIN MERAPI untuk menyampaikan data dan informasi penting dan terkini untuk mendukung proses pengambilan keputusan atau tindakan secara cepat dan tepat. Tidak sulit untuk mengakses JALIN MERAPI ini karena dapat diakses dengan mudah melalui website, situs jejaring sosial Twitter dan Facebook, SMS Gateway, radio komunikasi, telepon, dan posko informasi di lapangan yang dikelola oleh jaringan kerja kerelawanan yang bekerja 24 jam sehari.

Saat ini, Posko informasi JALIN MERAPI telah dibangun di sepuluh titik lokasi di lingkar Merapi, yang meliputi wilayah D.I. Yogyakarta, Klaten, Kota Boyolali, Selo, Grabag, Muntilan, dan Sawangan.

Dukungan JALIN MERAPI didapat melalui Jaringan Radio Komunitas Jawa Tengah, COMBINE Resource Institution, IDEA, Gender Working Group, Koperasi Wanita SETARA Klaten, Rumah Pelangi, Yayasan AirPutih, Forum Pengurangan Risiko Bencana Daerah Istimewa Yogyakarta, dan beragam lembaga serta ratusan relawan yang tersebar di sepuluh wilayah di lingkar Merapi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar